Home Lifestyle Kuliner Mengintip Fakta dan Resep Cara Membuat Granola Bar yang Sehat dan Bernutrisi

Mengintip Fakta dan Resep Cara Membuat Granola Bar yang Sehat dan Bernutrisi

0
45
Little Bertha

BanjarbaruWeb.com – Apakah Anda sedang mencari cemilan sehat dan mengenyangkan? Cobalah granola bar. Makanan sehat dan bernutrisi ini cocok dijadikan menu sarapan atau cemilan pengganjal perut di siang hari. Selain itu, cemilan ini juga mudah disimpan dan tahan lama. Jadi cocok sekali menjadi bekal ketika pergi jauh. Apalagi, cara membuat granola bar juga cukup mudah dan dapat Anda coba.

Membicarakan mengenai granola bar, pasti tidak lengkap jika tidak mengetahui fakta mengenai makanan asal New York ini. Makanan ini di negara asalnya sering dibawa oleh para pendaki dan backpacking ketika berpetualangan. Selain mudah disimpan dan tahan lama, ternyata granola juga tinggi kalori dan berkhasiat.

Memang granola mudah didapatkan di toko-toko roti di Indonesia. Tetapi tidak ada salahnya mencoba membuatnya di rumah, bukan? Apalagi jika dikembangkan, granola bar ini dapat menjadi bisnis yang menguntungkan. Tidak usah lama-lama, mari mempraktikkan resep cara membuat granola bar yang sehat dan bernutrisi. Berikut langkah-langkah lengkapnya.

Bahan Membuat Granola Bar

  1. 1 gelas oats
  2. ¼ gelas chocolate chip
  3. 1 gelas biji wijen
  4. ½ gelas kelapa parut
  5. ¼ gelas kacang almond
  6. ½ gelas kismis
  7. ¼ gula palem
  8. ¼ gelas madu
  9. ¼ gelas konsentrat tahini
  10. Margarin

Cara Membuat Granola Bar

  1. Panaskan oven dan atur suhu menjadi 180’C
  2. Siapkan loyang cookies, masukan biji wijen dan oats.
  3.  Masukan loyang berisi oats dan biji wijen tersebut ke dalam oven. Panggang selama 4 sampai 6 menit. Setelah itu keluarkan dan sisihkan agar dingin.
  4. Siapkan mangkuk, masukan gula, madu, dan tahini. Aduk hingga tercampur sempurna.
  5. Masukan adonan yang tercampur tersebut ke dalam panci, lalu masak. Cukup masak selama 1 menit saja. Pastikan menggunakan api kecil agar nutrisi yang terkandung tidak rusak.
  6. Masukan oats dan biji wijen yang telah dipanggang ke dalam panci. Dilanjutkan chocolate chips, kacang almond, kelapa parut, dan kismis. Aduk hingga rata lalu angkat.
  7. Siapkan loyang dan olesi dengan margarin. Masukan adonan tersebut ke dalam loyang ratakan bagian atasnya. Ukuran loyang yang digunakan 22.5 x 30 cm.
  8. Tekan bagian atas adonan agar padat, dan tutup loyang dengan kertas roti, kemudian tekan kembali. Pastikan adonan menjadi padat.
  9. Masukan loyang selama minimal 10 menit ke dalam lemari pendingin. Ini berguna agar adonan granola padat dan mengeras.
  10. Ambil granola dari lemari pendingin, lalu potong-potong berbentuk kubus atau balok.
  11. Masukan kembali granola ke dalam lemari pendingin selama 30 menit.
  12. Agar tidak saling menempel, pisahkan balok-balok granola dalam wadah kedap udara. Simpan lagi ke dalam lemari es.
  13. Ambil granola dan diamkan agar sesuai dengan suhu ruangan. Granola siap dinikmati!

Selain berbagai campuran di atas seperti kacang almond, kelapa parut, kismis, cokelat, palem, dan madu, Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan buah-buahan segar. Seperti stroberi, pisang, beri biru, dan buah favorit lainnya. Selain itu, memakan granola juga dapat bersama susu hangat atau dingin, dapat juga yogurt. Perpaduan rasanya pasti akan lebih menyenangkan di lidah.

Jika ingin membantu melancarkan pencernaan, Anda dapat menambahkan biji rami pada granola. Itulah fakta dan resep cara membuat granola bar yang dapat Anda coba di rumah. Selamat mencoba!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here