Home Lifestyle Kuliner Menguak Fakta dan Resep Cara Membuat Sate Taichan Paling Enak

Menguak Fakta dan Resep Cara Membuat Sate Taichan Paling Enak

0
53
resep cara membuat sate taichan

BanjarbaruWeb.com – Sate taichan memang unik, ya?  Apakah Anda sudah pernah mencobanya? Selain nama uniknya, sate dari daging ayam ini juga memiliki bumbu yang unik. Tidak akan ditemui bumbu kacang atau kecap yang mengguyur sate ini, tetapi bumbu sambal dan perasan jeruk nipis. Sate Taichan memang minim bumbu. Tetapi jangan salah, dengan bumbu khas yang sederhana, rasanya menggoyang lidah. Resep cara membuat sate taichan paling enak juga sangat mudah, Anda dapat mencobanya di rumah.

Membicarakan sate taichan, tidak ada salahnya jika mengetahui asal mula kemunculan sate ini. Ada dua versi, salah satu versinya menceritakan bahwa ada sepasang kekasih berbeda negara. Si lelaki asli Jepang dan wanita asli Indonesia sedang membeli sate di kawasan Senayan. Si lelaki tidak menyukai bumbu kacang madura, sehingga dia meminta izin untuk membakar satenya sendiri dan memberikan bumbu racikannya.

Lelaki jepang itu hanya memberikan garam dan perasan jeruk nipis ke daging ayam yang putih. Tidak memberikan kecap apalagi sambal kacang. Lalu dia meminta sambal biasa kepada penjual. Nah, ketika penjual bertanya nama sate yang dibakar lelaki jepang ini. Lelaki Jepang ini menjawab, “Ini sate taichan”, entah apa arti nama itu. Belum jelas.

Sate taichan memang sangat mudah dibuat, jadi cocok sekali dibuat di rumah. Anda dapat mencoba membuat sate ini dengan anak-anak atau adik-adik. Selain itu, resep cara membuat sate taichan yang mudah membuat sate ini cocok juga menjadi pilihan makanan ketika berkemah. Pasti akan seru membuat sate bersama teman-teman sambil mengobrol. Tidak usah lama-lama berikut resep sate taichan paling enak.

Bahan Membuat Sate Taichan

  1. 2 buah dada ayam
  2. 2 sendok teh lada bubuk
  3. 2 buah jeruk nipis hijau
  4. 2 sendok teh garam
  5. 15 buah rawit merah besar
  6. 6 siung bawang putih
  7. 4 siung bawang merah
  8. 1 buah tomat
  9. ½ sendok teh gula pasir dan garam

Cara Membuat Sate Taichan

  1. Cuci dada ayam hingga bersih, potong-potong seukuran dadu, kemudian tusuk hingga berbentuk sate pada umumnya.
  2. Kucuri sate tersebut dengan perasan jeruk nipis, taburi lada dan garam. Sisihkan dan diamkan minimal 20 menit.
  3. Siapkan alat pemanggang dan panaskan dengan api kecil. Panggang daging yang sudah ditusuk tadi. Jangan lupa dibalik agar matangnya merata dan tidak gosong. Setelah matang, sisihkan.
  4. Siapkan panci untuk merebus bumbu yaitu rawit merah, bawang putih, tomat, dan bawang merah. Setelah mulai melunak segera tiriskan. Untuk jumlah rawit dapat disesuaikan dengan selera.
  5. Haluskan bumbu yang direbus tadi dengan menggunakan ulekan atau blender. Tambahkan gula dan garam. Lalu tumis bumbu tersebut hingga tercium harum.
  6. Tata sate taichan di atas piring lalu tuangkan bumbu di atasnya. Sajikan.

Ada dua tips agar sate taichan makin lezat. Pertama pemilihan daging ayam yang harus segar akan membuat sate memiliki rasa manis alami. Kedua, jangan terlalu banyak memeraskan jeruk nipis ke daging karena akan membuat daging menjadi asam. Peras secukupnya saja. itulah dua tips yang harus diperhatikan baik-baik.

Sate taichan ini sangat lezat jika disantap ketika masih hangat, ditemani dengan nasi putih panas, dan es teh. Itulah resep cara membuat sate taichan paling Enak yang dapat Anda praktikan di rumah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here