Home Lifestyle Kuliner Menguak Fakta dan Resep Cara Membuat Klepon Ketan Paling Lezat

Menguak Fakta dan Resep Cara Membuat Klepon Ketan Paling Lezat

0
21
resep cara membuat klepon

BanjarbaruWeb.com – Siapa yang tidak tahu klepon ketan? Semua orang Indonesia pasti tahu jajanan pasar yang legendaris ini. Walaupun jajanan ini sudah hidup lama sekali, ternyata sampai sekarang masih sangat ngehits. Tidak hanya orang dewasa yang suka tetapi anak-anak juga sangat menyukainya. Rasanya yang kenyal, manis, dan gurih benar-benar bikin ketagihan. Apalagi, ternyata resep cara membuat klepon paling lezat juga sangat sederhana.

Di Jawa jajanan ini disebut klepon ketan. Tetapi, di Sumatera dan negara tetangga, Malaysia kue kenyal ini disebut onde-onde. Klepon ketan cukup mudah ditemui di pasar-pasar tradisional, biasanya dibungkus daun pisang ataupun plastik. Kerennya, sekarang klepon juga mulai dimodifikasi dan mejeng cantik di cafe-cafe menjadi salah satu menu.

Klepon ini bisa jadi pilihan tepatĀ  jajanan jika ada acara di rumah Anda. Dibandingkan kue-kue bolu, kue bantal, dan kue brownies yang sudah terlalu biasa nangkring di meja, bukankah lebih unik menjanjikan klepon. Selain itu, rasanya yang enak, menyajikan klepon juga dapat mengenalkan jajanan tradisional ini kepada tamu. Ingin segera membuatnya, ikuti siapkan bahan dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan Membuat Klepon

  1. 250 gram tepung ketan putih
  2. 50 gram tepung beras putih
  3. Air secukupnya
  4. 3 lembar daun suji atau pasta pandan
  5. 5 Gula merah
  6. garam
  7. Kelapa muda

Cara Membuat Klepon

  1. Parut kelapa muda memanjang , lalu kukus 20 menit. Proses pengukusan ini sangat berguna agar kelapa lebih tahan lama atau tidak mudah basi. Beri sedikit garam agar kelapa lebih gurih. Sisihkan.
  2. Siapkan wadah, sisir gula merah dengan tekstur kasar di atas wadah. Lalu sisihkan.
  3. Jika memilih menggunakan daun suji untuk pewarna alami. Remas daun suji lalu siramkan air sedikit dan peras. Sisihkan.
  4. Siapkan wadah untuk membuat adonan klepon. Masukan tepung ketan, tepung beras, dan air perasan daun suji atau pasta pandan. Campurkan bahan-bahan tersebut, aduk rata sambil sedikit demi sedikit diberi air.
  5. Uleni adonan tersebut hingga kalis. Pastikan tidak terlalu lembek apalagi terlalu kering. Harus pas.
  6. Siapkan loyang atau tampah yang sudah ditaburi tepung beras untuk wadah klepon.
  7. Ambilah adonan laluĀ  bentuk memanjang dengan tangan. Lalu potong kecil-kecil sekitar 3 cm.
  8. Satu per satu potongan tersebut dibulatkan dengan tangan, lalu pipihkan, masukan gula merah, bulatkan kembali hingga gula tidak terlihat. Lakukan langkah ini sampai adonan habis. Taruh adonan klepon di loyang.
  9. Rebus air di dalam panci hingga mendidih, masukan seluruh bola-bola klepon ketan ke dalamnya. Tunggu sampai bola-bola klepon mengapung lalu angkat dan tiriskan.
  10. Gulung klepon ke dalam wadah berisi parutan kelapa.

Mudah bukan resep cara membuat klepon di atas? Nah, Ada dua tips penting yang perlu Anda ketahui ketika membuat klepon. Pertama, pastikan ketika mengisi kelepon, jangan terlalu banyak memberikan gula. Soalnya, akan membuat bulatan kelepon pecah ketika direbus dan isi gulanya keluar. Membuat bentuk kelepon ancur dan tidak cantik.

Tips membuat klepon kedua, sebelum membulatkan adonan, taburi tangan Anda dengan tepung ketan. Ini sangat berguna agar ketan tidak lengket di tangan. Taburi juga tepung ketan pada wadah tempat menaruh bulatan ketan. Sehingga, bulatan adonan tetap sempurna.

Itulah resep cara membuat klepon ketan paling lezat yang dapat Anda coba di rumah. Caranya cukup sederhana dan mudah untuk diikuti, ya. Selamat mencoba!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here