Mengulik Fakta dan Resep Cara Membuat Mango Sticky Rice Paling Nikmat

0
69
resep cara membuat mango sticky rice

BanjarbaruWeb.com – Mango sticky rice, makanan yang satu ini mulai memikat lidah orang Indonesia. Rasanya yang manis, segar, kenyal, gurih, dan mengenyangkan cocok sekali dimakan di siang hari yang panas atau malam hari yang dingin. Makanan khas Thailand ini sering ditemui di cafe-cafe sebagai menu favorit. Harganya bervariasi dari puluhan ribu rupiah. Kalau mau hemat, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Resep cara membuat mango sticky rice mudah dan sederhana kok!

Membicarakan tentang mango sticky rice ini, tidak akan lepas dari Negara Thailand. Yap, makanan ini memang khas dari Thailand dan baru-baru ini mulai muncul di Indonesia. Di Negara Gajah Putih itu makanan manis ini biasa menjadi pencuci mulut atau dessert. Tetapi berbeda dengan di negara tercinta Indonesia ini yang tidak terlalu mengenal makanan pencuci mulut. Sehingga, mango sticky rice pun lebih dikenal sebagai jajanan yang mengenyangkan.

Membuat mango sticky rice sendiri selain lebih hemat, Anda juga dapat  memakan sepuasnya. Tidak seperti di cafe yang kadang porsinya kurang bahkan sedikit. Agar lebih seru, Anda dapat mengajak sahabat untuk membuatnya bersama.  Nah, ini dia resep cara membuat mango sticky rice.

Bahan Membuat Adonan Mango Sticky Rice

  1. 200 gram ketan putih
  2. 100 ml santan kental
  3. ½ sendok teh garam
  4. 1 lembar daun pandan
  5. 1 buah mangga thailand atau mangga bertekstur manis seperti mangga harus manis.

Bahan Membuat Saus Santan

  1. 150 ml santan kental
  2. 2 sendok teh gula pasir
  3. 1 sendok teh garam
  4. 2 lembar daun pandan
  5. 2 sendok teh tepung maizena, larutkan dengan 2 sendok makan air.

Cara Membuat Mango Sticky Rice

  1. Cuci ketan putih dan rendam dengan air biasa sekitar 30 menit sampai 2 jam. Proses perendaman ini akan membuat ketan lebih empuk dan kenyal nantinya.
  2. Cuci dan kupaslah mangga, kemudian potong mangga memanjang, taruh di dalam wadah dan masuk ke dalam lemari pendingin agar sedikit beku.
  3. Siapkan panci untuk membuat adonan. Masaklah santan hingga mendidih, tambahkan garam. Kemudian remas daun pandan dan ikat sampul, masukan ke dalam panci. Masukan ketan putih, kemudian aduk adonan dan gunakan api sedang ketika memasaknya agar tidak gosong.
  4. Ketika ketan setengah matang, tandanya air surut. Angkat kemudian kukus ketan tersebut dengan api sedang. Masaklah hingga ketan matang sekitar 30 menit.
  5. Siapkan panci untuk membuat saus. Masukan santan kental, daun pandan, dan gula pasir. Gunakan api kecil agar santan tidak pecah. Aduk-aduk dengan perlahan hingga mendidih atau muncul gelembung-gelembung. Tambahkan tepung maizena dan aduk kembali sampai kekentalan sempurna. Angkat dan diamkan di suhu ruangan hingga hangat kuku.
  6. Ambil ketan yang bersuhu hangat tersebut lalu cetak sesuai selera. Hidangkan di atas piring, kemudian siram saus kental dan taburi dengan wijen.
  7. Terakhir, tata manga di samping-samping ketan.
  8. Mango sticky rice siap disajikan.

Dalam penyajian mango sticky rice daya kreatif sangat penting, lho. Misalnya, Anda dapat membentuk adonan ketan berbentuk hati agar tidak monoton berbentuk setengah bundar. Dalam menata manga juga dapat dikreasikan, misalnya tata mangga berbentuk sayap di kedua sisi ketan berbentuk hati. Baru siramkan saus santan kental, taburi wijen, dan sebagai pemanis taruh daun mint di atasnya.

Ternyata mudah sekali bukan resep cara membuat mango sticky rice? Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here