Home Lifestyle Kuliner Bocoran Fakta dan Resep Cara Membuat Ogura Cake Paling Enak

Bocoran Fakta dan Resep Cara Membuat Ogura Cake Paling Enak

0
55
fakta dan resep cara membuat ogura cake

BanjarbaruWeb.com – Anda juga termasuk pecinta Ogura Cake? Ogura cake memang sedang melejit di Indonesia. Nah, kali ini kami akan ungkap fakta dan resep cara membuat ogura cake. Dari namanya yang unik pasti Anda bisa terkecoh dan mengira kue lezat ini berasal dari Jepang.

Eh, ternyata itu salah. Sebab, faktanya kue ini justru asli dari tanah melayu, tepatnya di Batu Pahat Malaysia. Kue Ogura memiliki cita rasa yang khas, lembut, ringan, dan tidak akan membuat serat. Ternyata untuk membuat kue ini cukup mudah. Nah, berikut bocoran cara membuat ogura cake paling lezat.

Bahan Membuat Ogura Cake Pertama

  1. 65 tepung terigu kunci biru
  2. 6 butir telur, ambil bagian kuningnya
  3. 1 butir putih telur
  4. 60 ml susu cair vanilla
  5. 60 ml minyak sayur
  6. 2 lembar keju cheddar
  7. Sedikit essence vanila

Bahan Membuat Ogura Cake Kedua

  1. 5 butir putih telur
  2. ¼ sendok teh air lemon atau jeruk nipis
  3. ¼ sendok teh garam
  4. 80 gram gula pasir
  5. margarin

Cara Membuat Ogura Cake

  1. Campurkan bahan membuat ogura cake pertama. Diawali dengan kuning telur, putih telur, susu cair vanilla, minyak sayur, essence vanila, dan keju chedar. Kocok dengan mixer sekitar 1 menit hingga keju hancur.
  2. Sekarang ganti mixer dengan balon wiks untuk mengocok adonan. Sambil tetap dikocok, masukan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga benar-benar tercampur sempurna. Sisihkan.
  3.  Ambilah wadah yang lain, masukan bahan membuat ogura cake kedua. Dimulai dari putih telur dan air jeruk lemon atau nipis, kocok hingga berbuih. Baru masukan gula dan garam. Kocok dengan mixer hingga adonan tercampur sampai lembut. Sisihkan.
  4. Kembali ke bahan pertama. Kocok bahan pertama sambil menuangkan sedikit demi sedikit adonan kedua ke dalamnya. Kira-kira 3 sampai 4 kali memasukan adonan kedua ke adonan pertama. Aduklah dengan cara pelan-pelan hingga kedua bahan ini menyatu.
  5. Siapkan loyang, dapat loyang teflon atau loyang sambung. Alasi dengan kertas roti, kemudian olesi bagian dalamnya dengan margarin. Perlu diperhatikan, jika Anda menggunakan loyang sambung berarti loyang harus dibungkus dengan alumunium foil.
  6. Masukkan adonan ke dalam loyang dan ratakan. Kemudian gunakan teknik Au Bain Marie, yaitu loyang datar berisi air setinggi 1.5 cm dan letakan loyang berisi adonan di atasnya.
  7. Panaskan oven dengan suhu 160 sampai 170 derajat celcius dan panggang adonan Ogura Cake kurang lebih 50 menit.
  8. Keluarkan loyang dari pemanggang setelah matang. Kemudian balik kue di rak pendingin. Mulailah mengupas kertas roti dengan pelan-pelan agar bagian luar kue ini tidak rusak.
  9. Pastikan kue sudah dingin ketika diiris sehingga kue tidak rusak.

Untuk melengkapi ulasan tentang fakta dan cara membuat ogura cake, berikut ini tip-tips yang penting agar kue bikinan Anda lebih sempurna.

Yang pertama, agar kuning dan putih telur terpisah dengan sempurna dinginkan dulu telur di lemari es sebelum dipecah. Ketika telur masih dingin akan mudah memisahkan kedua bagian di dalamnya. Ini sangat penting, karena kocokan telur terbaik akan membuat ogura cake benar-benar enak.

Tips yang kedua, gunakan air panas ketika menggunakan teknik Au Bain Marie. Namun, hati-hati agar air panas tidak mengenai apalagi masuk ke adonan kue. Jika terjadi, kue akan tidak mengembang dan gagal. Tenang saja, gunakan handuk di dalam loyang air panas untuk membuat loyang di atasnya tidak bergerak.

Nah, itulah bocoran fakta dan resep cara membuat ogura cake paling enak yang mungkin sedang Anda cari-cari.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here