Bocoran Fakta dan Resep Cara Membuat Kue Putri Mandi Paling Lezat

0
52
resep cara membuat kue putri mandi

BanjarbaruWeb.com – Nama kue ini bikin penasaran, ya? Kok bisa namanya kue Putri mandi? Jangan berpikir aneh-aneh, ya. Nama itu diambil dari bentuk penyajiannya. Jadi, penyajian kue warna-warni ini disiram saus santan yang tampak seperti bak mandi berisi susu. Sedang warna kuenya yang cantik membuat kue ini dianggap secantik Putri. Kerennya, resep cara membuat kue putri mandi yang lezat juga sangat mudah.

Sedikit fakta mengenai kue putri mandi yang mungkin belum diketahui. Kue cantik ini ternyata berasal dari Pulau Jawa. Memang jika dilihat kue ini hampir mirip dengan kue mendut. Perbedaannya hanya pada cara perebusannya. Kue mendut sebelum direbus akan dibungkus daun pisang dan diberi saus santan, sedangkan kue putri mandi direbus tanpa pembungkus dan saus disiram setelah matang.

Membuat kue Putri mandi ini akan lebih seru jika mengajak anak-anak atau adik-adik. Mereka pasti akan senang dan bersemangat untuk membantu. Selain itu juga mengenalkan pada generasi muda mengenai kue tradisional lezat bernama kue putri mandi sangat penting. Berikut ini resep cara membuat kue putri mandi.

Bahan Adonan Kue Putri Mandi

  1. 250 gram tepung ketan
  2. 50 gram tepung kanji atau sagu
  3. ¼ sendok teh garam
  4. 125 ml santan cair
  5. Pewarna  makanan merah, hijau, dan kuning

Bahan Isi Kue Putri Mandi

  1. 150 gram gula merah yang telah diiris halus
  2. 100 ml air
  3. ½ butir kelapa muda yang diparut memanjang
  4. 1/8 sendok teh garam
  5. 2 lembar daun pandan yang dipotong-potong sekitar 5 cm

Bahan Saus Santan Kental

  1. 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  2. 1 sendok teh tepung
  3. 2 lembar daun pandan yang disobek dan dibuat simpul
  4. 1/8 sendok teh garam

Cara Membuat Kue Putri Mandi

  1. Siapkan penggorengan untuk membuat isi kue putri mandi. Masukan lebih dahulu gula merah yang diiris halus, garam, dan kelapa parut. Aduk hingga tercampur sempurna. Masukan air sedikit demi sedikit sambil tetap mengaduk dan nyalakan api kecil.
  2. Aduklah bahan isi hingga air berkurang dan adonan menggumpal. Setelah itu matikan api, dan sisihkan hingga dingin. Kemudian bentuk bulat-bulat.
  3. Siapkan penggorengan untuk memasak saus santan kental. Dimulai dengan mendidihkan santan dengan api kecil sambil terus diaduk. Kemudian baru memasukkan tepung, garam, dan daun pandan. Setelah saus menjadi kental, matikan api. Sisihkan.
  4. Siapkan wadah dan masukan tepung ketan, tepung kanji atau sagu, garam. Campurkan bahan tersebut lalu tuangkan santan cair sedikit demi sedikit lalu uleni bahan sampai kalis hingga dapat dibentuk.
  5. Adonan yang sudah kalis dibagi tiga bagian. Di setiap bagian diberi pewarna dengan warna berbeda, yaitu merah, hijau, dan kuning. Uleni lagi adonan hingga warna tercampur dengan baik.
  6. Bentuklah bulat dan pipihkan, masukan bahan isi, bentuk bulat kembali. Lakukan langkah ini hingga adonan kue dan isi habis.
  7. Rebuslah air hingga mendidih, masukan adonan kue sudah dibulat-bulatkan. Angkat segera ketika matang, tandanya kue akan terapung. Tiriskan kue hingga air berkurang.
  8. Hidangkan kue warna-warni ini di dalam mangkuk lalu siramkan kuah santan. Sajikan.

Ada tips penting yang perlu diketahui agar bulatan kue sempurna dan tidak pecah ketika direbus. Yaitu isi kue jangan terlalu besar, sehingga ketika membulatkan  bulatannya akan sempurna tanpa kelihatan isinya. Nah itulah resep cara membuat kue putri mandi yang dapat Anda coba di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here