Begini Fakta dan Resep Cara Membuat Kembang Goyang Paling Gurih

0
9
resep cara membuat kembang goyang

BanjarbaruWeb.com – Kembang goyang. Kue tradisional ini ternyata masih eksis sampai sekarang. Namanya yang lucu, juga bentuknya yang cantik berbentuk kembang bergelombang memang sangat manis jika dimasukan dalam toples bening. Kue tradisional ini sangat mudah dicari di pasar-pasar tradisional. Tetapi jika Anda ingin mencoba membuatnya, ternyata resep cara membuat kembang goyang paling gurih mudah kok.

Namun sebelum membicarakan resep, berikut sekelumit sejarah mengenai kembang goyang. Ternyata kue ini merupakan kue khas Betawi, lo.  Kue ini bisa ditemui di meja-meja setiap rumah ketika hari raya Idul Fitri, juga menjadi jajanan wajib pada acara hajatan-hajatan. Sedangkan di Bali, kue kembang goyang ini menjadi isi sesajian di hari raya keagamaan umat Hindu.

Sekarang, Anda dapat menemui kue kembang goyang dengan berbagai rasa. Itulah salah satu yang membuat kue kembang goyang tetap bertahan sampai sekarang. Jenis varian rasa seperti frambozen, pandan, dan wijen menjadikan rasa kue tidak membosankan. Penambahan rasa tersebut juga membuat kue ini makin cantik karena warnanya berubah. Kembang goyang tidak hanya berwarna cokelat, tetapi juga berwarna merah muda dan hijau.

Sudah tidak sabar untuk mencoba membuat kembang goyang? Anda dapat mengajak teman dan keluarga untuk membuatnya bersama agar suasana lebih menyenangkan. Setel musik akan menambah ringan membuat kembang goyang. Tidak usah lama-lama, berikut resep cara membuat kembang goyang paling gurih.

Bahan Membuat Kembang Goyang

  1. 250 gram tepung beras
  2. 100 gram tepung sagu
  3. 100 gram gula halus
  4. 100 gram wijen
  5. 400 ml santan kelapa
  6. 1 sendok teh garam
  7. 3 butir telur ayam
  8. Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kembang Goyang

  1. Siapkan wadah untuk mengocok tiga butir telur menggunakan mixer. Kocok telur hingga mengembang.
  2. Sedikit demi sedikit masukan tepung beras dan tepung sagu secara bersamaan, lalu kocok lagi hingga tercampur rata.
  3. Sambil terus mengocok, masukan garam dan wijen, kemudian masukan santan. Pastikan adonan tercampur rata dan terlihat licin.
  4. Tuangkan minyak ke dalam wajan. Jumlah minyak harus banyak, seperti halnya untuk menggoreng gorengan. Ini berguna agar kue kembang goyang matang dan gurih.
  5. Tunggu minyak panas baru masukan adonan kue.
  6. Celupkan cetakan pada adonan kue, kemudian goreng dan goyang-goyangkan cetakan hingga adonan terlepas. Lakukan langkah ini sampai bahan adonan habis.
  7. Angkat kue kembang goyang ketika sudah matang, tandanya adalah kue berwarna kecokelatan.
  8. Tiriskan kue kembang goyang tidak ada minyak menempel. Memastikan minyak tidak menempel di kue akan membuat kue tahan lebih lama dan gurih.
  9. Kue kembang goyang siap disajikan

Kue Kembang Goyang ini dapat Anda sajikan di piring. Namun agar lebih tahan lama dan gurih tetap terjaga, kue harus dimasukan ke dalam toples atau dibungkus plastikan. Pastikan tempat penyimpanan tersebut rapat dan kedap udara agar kembang goyang tidak alot. Penyimpanan yang baik akan membuat kue ini bertahan sampai berbulan-bulan. Taruh juga toples tersebut di atas meja agar semua yang datang dapat mencoba kue buatan Anda yang enak.

Nah, itulah resep cara membuat kembang goyang paling gurih. Dengan membuat kue tradisional ini, tanpa sadar Anda juga ikut serta melestarikan kue ini dari kepunahan. Sehingga, generasi kita akan mengetahui enak dan gurihnya kue kembang goyang sampai kapan pun. Benarkan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here