Home Lifestyle Kuliner Begini Fakta dan Resep Cara Membuat Cake Tape yang Lembut

Begini Fakta dan Resep Cara Membuat Cake Tape yang Lembut

0
9
resep cara membuat cake tape

BanjarbaruWeb.com – Tape merupakan olahan fermentasi singkong yang populer di Indonesia. Bukan hanya rasanya yang manis dan segar, tape juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan antara lain, meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah anemia. Sayangnya, ada beberapa orang yang tidak menyukai tape, mungkin termasuk Anda. Karena itu pengolahan tape menjadi cake bisa jadi pilihan. Nah, berikut resep cara membuat cake tape yang lembut.

Resep ini akan menghasilkan cake tape sebanyak 1 buah loyang tulban diameter 23 cm, loyang yang di bagian tengahnya berlubang. Loyang model begini memiliki kelebihan dapat menghantarkan panas secara merata. Sehingga, cake tape nanti akan matang dengan sempurna.

Bahan yang Perlu Disiapkan

  1. 250 gram tape singkong
  2. 350 gram tepung terigu protein rendah
  3. 340 gram mentega
  4. 50 gram susu bubuk rasa vanila
  5. 300 gram gula pasir
  6. 2 sendok teh baking powder
  7. ¼ sendok teh garam
  8. 2 sendok teh vanili ekstrak
  9. 6 butir telur
  10. 50 gram keju, kacang tanah, atau meses (untuk toping)

Cara Membuat Cake Tape

  1. Buanglah serat-serat tape singkong, masukan ke dalam mangkuk dan hancurkan dengan garpu hingga lembut. Jika ingin tekstur tape yang lebih lembut dapat menghancurkannya menggunakan blander. Tambahkan susu bubuk rasa vanila, aduk hingga rata. Sisihkan.
  2. Panaskan oven dengan suhu 170’C
  3. Siapkan loyang tulban, olesi permukaan dalam loyang tulban dengan margarine dan taburkan tepung terigu. Buang kelebihan tepung terigu dengan membalikan loyang sambil mengetuk-ngetuk.
  4. Siapkan wadah ukuran cukup besar, masukan tepung terigu, baking powder, susu bubuk vanilla, garam, kemudian aduk hingga rata. Sisihkan.
  5. Siapkan wadah ukuran cukup besar,  campurkan vanilla ekstrak dengan mentega kemudian kocok dengan kecepatan sedang hingga warna adonan menjadi pucat. Masukan tape singkong dan kocok lagi hingga tercampur sempurna.
  6. Sambil terus mengocok adonan, masukan gula pasir. Pastikan bahan sudah tercampur dengan baik, baru masukan sebutir telur. Kocok kembali adonan hingga adonan menjadi kental seperti cairan. Masukan telur berikutnya dan kocok kembali. Lakukan sampai enam telur tercampur ke dalam adonan.
  7. Tambahkan tepung terigu dengan cara mengayak di atas adonan dan keju parut. Lalu kocok kembali adonan hingga rata. Adonan selesai dibuat.
  8. Tuangkan adonan ke dalam loyang, dan ratakan permukaannya.
  9. Masukan ke oven selama 45 menit. Untuk mengecek cake tape matang dapat diketahui dari warna kecokelatan pada cake. Anda juga dapat menusuk lidi ke adonan untuk mengetahui adonan masih lengket atau tidak.
  10.  Kue tape sudah matang, keluarkan dari oven. Diamkan dulu selama 10 menit sebelum mengeluarkan dari loyang dan memindahkannya ke piring saji.
  11.  Olesi permukaan cake tape dengan margarin. Untuk hiasan dan toping dapat Anda kreasikan sendiri. Jika menyukai asin dapat menambah parutan keju di atasnya, suka manis dapat menaburkan meses. Sedangkan jika menyukai gurih dapat menambahkan kacang tanah yang dihaluskan kasar.

Sedikit tips agar cake tape tidak bantet. Pertama, ketika mengocok adonan tidak boleh berlebihan. Jika sudah tampak tercampur dengan baik, maka berhenti mengaduk. Kedua, agar mentega tidak pecah saat memasukan telur ke adonan, masukanlah telur satu per satu. Pastikan adonan sudah tercampur dengan baik sebelum memasukan telur berikutnya. Semoga resep cara membuat cake tape ini dapat berguna untuk Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here