Acara Indonesian Idol Banjir Penggemar, Inilah Juara Indonesian Idol setiap Edisi

0
19
Indonesian Idol Tahun 2019 masuk Musim ke 10

BanjarbaruWeb.com – Melihat antusiasme para fans yang mendukung para kontestan Indonesian Idol membuktikan jika acara tersebut benar-benar keren. Tak sedikit video penampilan para kontestan trending di YouTube. Indonesian Idol merupakan sebuah ajang pencarian bakat penyanyi yang dipelopori oleh Simon Fuller. Di Indonesia, acara ini berada di bawah produksi Tim RCTI serta FremantleMedia Asia. Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai Indonesian Idol, berikut ini informasi lengkap dari sejarah, deretan juri, hingga juara Indonesian Idol setiap edisi.

Sejarah Indonesian Idol

Sejarah Indonesia Idol dimulai dari bulan Maret 2004. Ajang kompetisi bernyanyi ini ditayangkan oleh stasiun TV swasta RCTI. Sejak pertama hadir di layar kaca, respon penonton sangat baik pada acara tersebut. Bahkan, acara Indonesian Idol menjadi salah satu tayangan terpopuler dalam sejarah pertelevisian tanah air.

Kompetisi bernyanyi ini adalah sebuah acara franchise yang berasal dari Inggris di mana bertujuan untuk mendapatkan penyanyi berbakat berdasarkan voting. Para pemirsa yang menonton dapat memberikan voting sebanyak mungkin melalui pesan singkat, telepon, sampai online voting di official website Indonesian Idol.

Logo Indonesian Idol
Logo Indonesian Idol

Para kontestan akan tayang setiap minggunya dengan penampilan terbaik mereka. Penampilan yang mereka suguhkan akan dinilai oleh para juri yang sangat berpengalaman dalam dunia musik. Para juri terdiri dari penyanyi top, produser musik, hingga musisi handal. Formasi juri tidak selalu sama setiap edisi, kadang diganti sesuai kebutuhan acara.

Ini Dia Daftar Juri Indonesia Idol setiap Edisi

Tidak hanya juara Indonesian Idol setiap edisi yang selalu dinanti-nanti para penggemar, para juri yang mengisi Indonesian Idol juga tak kalah menarik perhatian. Komentar-komentar yang tajam hingga diselingi guyonan-guyonan disela komentarnya membuat acara ini semakin seru.

Pada edisi pertama tahun 2004, ketua juri adalah Indra Lesmana, dilanjutkan Titi DJ juri 2, Dimas Djayadiningrat juri 3, dan Meuthia Kasim sebagai juri 4. Pada Indonesian Idol edisi kedua tahun 2005, komposisi juri sama dengan musim sebelumnya. Untuk Indonesian Idol edisi ketiga (2006), ketua juri, juri 2, juri 3 tetap sama, sedangkan juri 4 diisi oleh Indy Barends.

Untuk Indonesian Idol edisi keempat (2007), Hermansyah menjadi juri 3 sedangkan juri 4 diganti menjadi Jamie Aditya. Pada Indonesian Idol edisi kelima (2008), komposisi juri sama seperti musim sebelumnya hanya saja tidak ada juri 4. Untuk line up juri pada Indonesian Idol edisi keenam (2010) diantaranya Erwin Gutawa, Agnes Monica, Anang Hermansyah, dan Rossa.

Sedangkan pada Musim ketujuh tahun 2012  jurinya adalah Anang Hermansyah, Agnes Monica, dan Ahmad Dhani. Kemudian pada edisi kedelapan tahun 2014 komposisi juri antara lain Anang Hermansyah, Titi DJ, Ahmad Dhani, dan Tantri Syalindri Ichlasari. Selama bertahun-tahun Indonesian Idol sempat tidak ada, pada tahun 2018 kembali digelar. Line up juri edisi kesembilan antara lain Ari Lasso, Judika, Maia Estianty, Bunga Citra Lestari, dan Armand Maulana.

Daftar Juara Indonesian Idol setiap Edisi

Indonesian Idol  edisi pertama tahun 2004 dimenangkan oleh Joy Destiny Tobing dan Delon Thamrin posisi kedua. Selanjutnya, pada tahun 2005 dimenangkan oleh Mike Mohede dan Judika Sihotang di posisi kedua. Indonesian Idol edisi ketiga (2006) dimenangkan oleh Ihsan Tarore pada posisi pertama dan Dirly Sompie sebagai juara kedua.

Untuk edisi keempat tahun 2007, juara 1 adalah Rini Wulandari dan Wilson Maiseka sebagai juara 2. Sedangkan edisi kelima tahun 2008, Aris Runtuwene keluar sebagai juara 1 dan Gisella Anastasia sebagai juara 2. Dilanjutkan Indonesian Idol edisi keenam tahun 2010, Igo Pentury keluar sebagai juara pertama dan Citra Scholastika di posisi kedua.

Regina Ivanova merupakan pemenang di musim ketujuh tahun 2012, dan tempat kedua diisi Kamasean Matthews. Pada edisi kedelapan tahun 2014 dimenangkan oleh Nowela Elizabeth Auparay, dan tempat kedua adalah Husein Alatas. Yang terbaru adalah edisi kesembilan tahun 2018, juara satu merupakan Maria Simorangkir dan Ahmad Abdul berada di tempat kedua.

Sebagian besar para juara Indonesian Idol setiap edisi atau kontestan menjadi penyanyi yang sukses di Indonesia. Meskipun tidak semua memperoleh kesuksesan instan, namun acara Indonesian Idol dapat menjadi pintu untuk meraih kesuksesan menjadi penyanyi di tanah air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here