Home Berita Internasional Perjalanan Prancis, Menuju Tangga Juara Piala Dunia 2018

Perjalanan Prancis, Menuju Tangga Juara Piala Dunia 2018

0
62
Tim Nasional Prancis Juara Piala Dunia 2018 (Sumber: FIFA)

BanjarbaruWeb.com – Gelaran turnamen sepakbola tertinggi di bumi yakni Piala Dunia sudah berlalu setahun lalu. Namun kisah Prancis yang sukses keluar sebagai juara Piala Dunia 2018, tetap membekas. Untuk kali kedua, anak-anak asuh Didier Deschamps berhasil membawa pulang supremasi tertinggi sepakbola dunia itu ke Prancis. Di mana kali terakhir, timnas Prancis jadi juara pada gelaran Piala Dunia 1998.

Perjalanan awal Prancis di gelaran Piala Dunia 2018 memang tampak tidak terlalu dinggulkan. Dalam pembagian grup Piala Dunia 2018, Prancis bergabung di grup C bersama Denmark, Australia dan Peru. Namun selama di fase grup, Prancis tidak pernah sekalipun terkalahkan. Hugo Lloris dkk mampu dua kali menang tipis atas Australia dan Peru, serta sekali seri 1-1 melawan Denmark.

Timnas Prancis melawan Kroasia di Final Piala Dunia 2018
Timnas Prancis melawan Kroasia di Final Piala Dunia 2018 (Sumber : FIFA)

Tetapi raihan itu cukup membuat Prancis sebagai salah satu peserta piala Dunia 2018 yang sukses lolos ke babak 16 besar dengan status sebagai juara grup C. Kedigdayaan Prancis mulai terlihat di babak 16 besar saat mereka melumat tim Amerika Latin yang juga favorit juara, Argentina dengan skor 4-3. Di babak delapan besar, Prancis lagi-lagi jadi mimpi buruk tim Amerika Latin saat mengalahkan Uruguay dengan skor 2-0.

Pada babak semifinal, Prancis yang diduga bakal kalah, justru mampu mengalahkan sang kuda hitam Belgia dengan skor tipis 1-0. Padahal sebelumnya Belgia begitu superior mengalahkan tim terbanyak meraih juara Piala Dunia yakni Brasil dengan skor 1-2 di babak perempat final. Melawan Kroasia di final yang merupakan kejutan dalam Piala Dunia 2018, Prancis menunjukkan kelasnya lewat kemenangan dengan skor 4-2.

Raihan juara Piala Dunia 2018 ini semakin sempurna saat salah satu bintang terbaik mereka yakni Kylian Mbappe juga bersinar. Punggawa klub Paris Saint-Germain ini berhasil jadi pemain muda terbaik di Piala Dunia 2018.

Kylian Mbappe, pemain muda terbaik Piala Dunia 2018
Kylian Mbappe, pemain muda terbaik Piala Dunia 2018 (Sumber : FIFA)

Kisah Mengejutkan Negara Besar Yang Gagal Lolos ke Rusia

Kebahagiaan penduduk Prancis saat timnas kebanggaan mereka mampu membawa pulang gelar juara dunia dua kali memang patut diapresiasi. Namun lepas dari kisah bahagia Prancis, turnamen sepakbola terbesar di bumi ini tak lepas dari kisah-kisah pilu nan mengejutkan dari negara-negara besar yang tidak lolos Piala Dunia 2018.

Negara-negara yang harus menelan pil pahit itu adalah juara Piala Afrika 2017 yakni Kamerun, juara dua kali Copa America yaitu Chile, Selandia Baru, Amerika Serikat, Ghana, Pantai Gading dan paling mengejutkan adalah Italia. Untuk pertama kalinya sejak tahun 1958, Italia sang juara dunia empat kali itu harus menahan malu karena tak masuk dalam daftar 32 negara yang lolos Piala Dunia 2018.

Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018
Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018 (Sumber : WashingtonPost.com)

Sementara itu untuk 32 negara yang masuk Piala Dunia 2018, terbanyak memang berasal dari zona Eropa yakni total 14 negara termasuk Rusia sang tuan rumah. Amerika Latin yang selama ini jadi gudang pesepakbola handal justru pulang dengan tangan hampa karena kelima wakilnya rontok semua di fase perempat final. Untuk benua Asia dan Afrika masing-masing diwakili oleh lima negara.

Piala Dunia Tahun 2022 Jadi Penantian Para Penggila Sepakbola

Tak berlebihan kalau akhirnya Piala Dunia 2018 meninggalkan banyak kejutan. Namun di kalangan penggila bola, fokus utama mereka justru berburu jersey resmi. Untuk edisi 2018, jersey Piala Dunia 2018 terbaik justru jatuh kepada timnas Nigeria. Cukup miris, mengingat Nigeria tidak lolos dari fase grup D. Di mana mereka harus rela kalah dari Argentina dan juara kedua, Kroasia.

Jersey Nigeria di Piala Dunia 2018
Jersey Nigeria di Piala Dunia 2018 (Sumber : FIFA)

Berakhirnya Piala Dunia 2018 membuat para supporter kini tinggal menanti gelaran Piala Dunia 2022. Untuk event yang digelar sekitar tiga tahun lagi itu, kawasan Asia Tengah akan menjadi sorotan. Karena Qatar sudah resmi ditunjuk sebagai tuan rumah turnamen sepakbola terbesar di dunia tersebut. Digelar pada bulan November-Desember, Piala Dunia tahun 2022 akan jadi pembuktian apakah Qatar bisa memanfaatkan statusnya.

timnas qatar
Timnas Qatar di Copa America 2019 (Sumber : FIFA)

Meskipun Piala Dunia selalu memperoleh antusias besar di Indonesia, penggemar bola Tanah Air tentu masih mendamba Indonesia bisa masuk Piala Dunia. Jika kita hanya bisa merasakan hingar bingar Prancis sebagai juara Piala Dunia 2018, semoga mimpi Indonesia bisa berjaya di turnamen akbar itu bakal terwujud secepatnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here