Home Entertaiment Musik Deen Assalam – Nissa Sabyan: Dari Arti, Fakta hingga Makna Lirik yang...

Deen Assalam – Nissa Sabyan: Dari Arti, Fakta hingga Makna Lirik yang Terkandung

0
42

BanjarbaruWeb.com – Kalian para penikmat musik tentunya sudah tahu tentang lagu Deen Asssalam-Nissa Sabyan yang pernah menjadi trending teratas di YouTube. Tahukah kalian kalau sebenarnya lagu ini dipopulerkan oleh penyanyi lelaki berkebangsaan Saudi Arabia? Namun masyarakat Indonesia lebih mengenal lagu ini dari versi cover yang dibawakan oleh Sabyan. Sabyan membentuk kelompok musisi yang disebut dengan Sabyan Gambus. Lagu yang dibawakan oleh musisi Sabyan Gambus ini pun memiliki musik yang bernuansa pop.

Lagu “Deen Assalam” memiliki makna yang sangat mendalam apabila kalian pahami dan resapi artinya. Cover lagu yang dibawakan oleh Sabyan ini mengandung arti yang sesuai dengan situasi yang ada di Indonesia. Lirik lagu yang mengajarkan kita akan toleransi ini memang sesuai dengan banyaknya budaya, agama, suku, dan ras yang ada di Indonesia. Seperti apa makna dari lagu Deen Assalam? langsung saja simak beberapa rangkuman berikut ini, selamat membaca.

1. Cinta dan Kasih Sayang

Antara sesama umat yang saling hidup berdampingan alangkah lebih baiknya bila kita semua memiliki perilaku yang terpuji. Dengan mempraktikan perilaku yang terpuji ini merupakan bentuk dari rasa cinta dan kasih sayang sesama umat manusia. Kehidupan sesama umat manusia akan penuh dengan kebahagian apabila terdapat rasa untuk saling mengasihi dan menyayangi. Sikap untuk saling mencintai dan mengasihi sesama umat manusia ini juga merupakan salah satu makna dari lagu Deen Assalam lirik.

2. Bertoleransi

Seperti lirik lagu dari “Deen Assalam” yang mengandung arti betapa sempitnya kita hidup di bumi ini, apabila tidak ada toleransi di antara umat manusia. Dengan kita saling bertoleransi maka akan menghapus rasa curiga kita kepada sesama umat manusia. Adanya toleransi antar sesama manusia juga akan membentuk persatuan bangsa yang kuat. Sikap toleransi akan menciptkan persatuan bangsa, karena dengan kita bertoleransi maka semakin kuat persatuan bangsa Indonesia.

3. Melakukan Kebaikan

Saat kalian sudah memahami arti dari lagu Sabyan Gambus Deen Assalam ini, maka kalian akan mengerti bahwa makna dari lagu tersebut yakni mengajak kita untuk melakukan kebaikan. Melakukan kebaikan ini bisa kalian mulai lakukan dengan mudah, dimanapun dan kapanpun itu. Kalian bisa memulai kebaikan dari diri sendiri dengan cara memperbaiki diri setiap harinya, serta berbuat baik kepada orang lain. Berbuat baiklah kepada orang lain, supaya nanti mereka juga dapat membalasmu dengan kebaikan lain yang lebih baik. Dengan kalian berbuat kepada orang lain, maka kalian pun ikut membantu mewujudkan masyarakat yang mampu bersatu di tengah banyaknya perbedaan yang ada.

4. Membuat Perdamaian

Dari lagu bisa membuat membuat pesan perdamaian yang lebih mengena dan menyentuh hati. Lewat lagu pula kita bisa menyatukan perbedaan yang ada sehingga tidak ada batasan dan juga rasis. Walaupun banyakanya perselisihan diantara warga negara Indonesia, semua berharap bangsa kita tetap utuh dan damai. Karena dengan kita saling bertoleransi maka akan tercipta perdamaian di negara Indonesia ini.

5. Islam adalah Agama Perdamaian

Makna terakhir dari lagu Deen Assalam original ini juga memberitahu kita bahwa, Agama Islam merupakan agama perdamaian. Para teroris adalah pelaku perusak perdamaian dan agama itu sendiri. Sesungguhnya Agama itu indah karena kita diajarkan untuk selalu melakukan tindakan dan perilaku mulia. Dalam agama Islam kita diajarkan untuk selalu membuat perdamaian, saling menghormati, dan selalu menyebar senyuman kepada semua orang. Agama Islam tidak pernah mengajarkan kita untuk menyebarkan sebuah teror maupun kebencian kepada siapapun.

Beberapa terjemahan lirik yang cukup populer dari lagu ini, yaitu “Seluruh bumi ini akan terasa sempit, jika hidup tanpa toleransi” dan “Sebarkanlah di antara insan (Inilah Islam) agama perdamaian”. Hal tersebut menunjukkan bahwa lagu ini mengajak kita untuk mengingat kebaikan dan berbuat kebaikan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai arti dan makna dari lagu Deen Assalam yang perlu kamu ketahui. Kesimpulan dari lagu Deen Assalam, liriknya adalah menyampaikan kedamaian, mengajak kebaikan serta menghargai sesama. Sebab memang kita hidup di dunia ini dengan bermacam perbedaan dan rintangan hidup yang beragam, namun bila kita memiliki sifat yang baik, berhubungan dengan manusia dengan baik, maka semua bisa dihadapi dengan tenang. Semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here