Home Entertaiment Film BLACK PANTHER: Film Superhero Berkualitas Oscar Dengan Pendapatan Fantastis

BLACK PANTHER: Film Superhero Berkualitas Oscar Dengan Pendapatan Fantastis

0
67

BanjarbaruWeb.com – Sebagai bagian dari semesta superhero Marvel Cinematic Universe (MCU), film BLACK PANTHER diawali pada tahun 1992 saat Raja Wakanda yakni T’Chaka (John Kani) menemui saudaranya, N’Jobu (Sterling K. Brown). N’Jobu yang tinggal di Oakland, California rupanya terlibat perdagangan gelap dan pencurian diam-diam vibranium dari Wakanda bersama Ulysses Klaue (Andy Serkis). N’Jobu pun dianggap sebagai penghianat Wakanda.

Waktu pun berganti ke masa kini usai kejadian di CAPTAIN AMERICA: CIVIL WAR (2016), di mana T’Chaka tewas dalam aksi teror. T’Challa (Chadwick Boseman) sebagai Putra Mahkota pun siap menggantikan tahta sang ayah.

Dalam upacara kenaikan tahta, T’Challa dihadang oleh M’Baku (Winston Duke), pemimpin suku Jabari. Namun T’Challa berhasil menang dan ditahbiskan sebagai Black Panther yang baru. Sementara itu, kekacuan terjadi di sebuah museum London saat artefak sejarah Wakanda dicuri oleh Klaue dan Erik Stevens/Killmonger (Michael B. Jordan). T’Challa pun mengajak Okoye (Danai Gurira), pemimpin Dora Milaje dan Nakia (Lupita Nyong’O) untuk memburu Klaue.

Klaue ditangkap saat hendak melakukan transaksi ilegal dengan Everett K. Ross (Martin Freeman), seorang agen CIA di Busan, Korea Selatan. Dalam investigasi, Klaue mengungkapkan ke Ross mengenai teknologi Wakanda yang sesungguhnya dan rahasia kematian N’Jobu. Namun kemudian Killmonger membawa kabur Klaue dan membuat Ross terluka. Ross dibawa ke Wakanda dan disembuhkan oleh Shuri (Letitia Wright), adik T’Challa sekaligus ilmuwan cerdas.

Saat itulah T’Challa berhasil memperoleh fakta dari Zuri (Forest Whitaker) bahwa ayahnya membunuh N’Jobu yang ingin membagikan teknologi Wakanda agar seluruh rakyat Afrika berkuasa di dunia. Kecewa kepada T’Chaka, masalah muncul saat Killmonger berhasil datang ke Wakanda sambil membawa bagian tubuh Klaue yang sudah dia bunuh. Killmonger mengungkapkan identitas aslinya bahwa dia adalah N’Jadaka, putra tunggal N’Jobu.

Killmonger pun menantang T’Challa demi memperoleh tahta Wakanda. Dalam pertarungan ritual itu, Killmonger membunuh Zuri dan mengalahkan T’Challa yang terjatuh ke air terjun. Killmonger pun jadi Black Panther baru, tapi Shuri sempat menyembunyikan armor asli Black Panther dan Nakia membawa sebuah tanaman hati tersisa yang sudah dimusnahkan Killmonger. Shuri, Nakia, Ross dan Ibu Suri Ramonda (Angela Bassett) pun kabur ke suku Jabari.

Beruntung, rupanya T’Challa belum meninggal dan berkat tanaman hati terakhir yang diselamatkan Nakia, dirinya bangkit lagi dan memperoleh kekuatan sejati Black Panther. Dikejar waktu karena Killmonger hendak mengirim senjata-senjata canggih vibranium ke seluruh dunia, perang pun pecah di Wakanda. T’Challa memenangkan pertarungan hidup-mati dengan Killmonger yang memilih tewas bunuh demi harga diri mendiang ayahnya.

Poster Film Black Panther
Poster Film Black Panther

Raih Kualitas Oscar dan Box Office Mengejutkan

Dibuat dengan budget USD 210 juta, BLACK PANTHER yang rilis pada 29 Januari 2018 berhasil meraup lebih dari USD 1,3 miliar di seluruh dunia. Kesuksesan ini jelas sangat mengejutkan Marvel-Walt Disney mengingat karakter T’Challa baru sekali muncul dalam film-film MCU. Bahkan jika dibandingkan sosok superhero Marvel lain, pahlawan Wakanda ini memang cenderung kurang dikenal.

Berbanding lurus dengan raihan box office-nya, akting apik seluruh Black Panther pemeran dan kru produksi yang terlibat membuat film arahan Ryan Coogler ini meraih tujuh nominasi Academy Awards. Hal ini menjadikannya sebagai film superhero pertama yang masuk nominasi Best Picture. Kualitas film ini memang dipuji dari segi cerita yang ditulis oleh Coogler dan Joe Robert Cole. Bahkan Killmonger dianggap sebagai karakter musuh superhero terbaik di MCU.

Pemicu Euforia dan Kebanggaan Kulit Hitam

Dengan kesuksean box office dan raihan Oscar, menjadikan proyek sekuel Black Panther 2 langsung masuk rencana bos Marvel, Kevin Feige. Namun sejatinya, film ini adalah sebuah pemicu euforia dan kebanggaan bagi ras kulit hitam yang selama ini mendapat diskriminasi, termasuk di dunia Hollywood. Bahkan jika ditelisik lebih lanjut, hampir seluruh aktor-aktris yang terlibat, pengisi soundtrack hingga jajaran sutradaranya adalah para kulit hitam.

Tak heran kalau kekuatan inilah yang menjadikan pahlawan para Wakanda ini meraih banyak perhatian dan pujian dari penonton seantero dunia. Tak  berlebihan rasanya kalau akhirnya disebutkan jika BLACK PANTHER adalah identitas baru masa depan ras kulit hitam di dunia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here