Home Entertaiment Film THE NUN: Terungkapnya Kisah Valak, Iblis Mengerikan Dari Masa Lalu

THE NUN: Terungkapnya Kisah Valak, Iblis Mengerikan Dari Masa Lalu

0
69

BanjarbaruWeb.com – THE NUN diawali dengan dua orang biarawati di Cârța Monastery yang diserang kekuatan misterius biarawati saat hendak mengambil peninggalan suci Kekristenan. Seorang biarawati yakni Suster Victoria (Charlotte Hope), berhasil kabur tapi kemudian ditemukan tewas gantung diri oleh Frenchie (Jonas Bloquet), warga desa setempat yang biasanya membawa persediaan makanan ke biara Cârța.

Vatikan pun memanggil Pastor Burke (Demián Bichir) yang kemudian mengajak calon suster muda bernama Irene (Taissa Farmiga) ke Rumania. Dengan bantuan Frenchie, Burke dan Irene menuju biara Cârța dan menemukan jasad Suster Victoria yang ternyata memegang sebuah kunci kuno. Keanehan mulai terjadi karena situasi biara Cârța sangat sepi, rupanya para suster sedang mengalami momen keheningan selama semalam.

Teror mulai terjadi saat Burke dan Irene tinggal di penginapan dekat biara. Begitu pula Frenchie yang hendak kembali di desa dan diteror setan. Kejadian ini membuat Burke teringat akan Daniel (August Maturo), seorang bocah yang tewas karena terluka parah dalam ritual pengusiran setan. Irene pun jadi teringat kalau semasa kecil, dirinya kerap mendapat penglihatan akan sosok biarawati misterius.

Penasaran, Burke dan Irene ingin mengetahui teror yang terjadi di biara Cârța. Suster Oana (Ingrid Bisu) mengungkapkan hanya kepada Irene bahwa biara Cârța awalnya adalah kastil milik bangsawan pemuja ilmu hitam. Bangsawan itu memanggil entitas jahat yang ternyata iblis berwujud monster biarawati bernama Valak (Bonnie Aarons) lewat celah katakombe.

Hingga akhirnya seorang Ksatria Kristen menutup celah itu dengan Darah Yesus Kristus. Namun karena Perang Dunia II, bom mengenai biara Cârța dan membuka celah katakombe. Para biarawati di biara Cârța selalu berdoa sepanjang hari demi menjaga kekuatan Valak tak tersentuh. Seperti yang terlihat di The Nun trailer, Burke, Irene dan Frenchie pun mencoba memusnahkan Valak.

Namun mereka harus diserang berbagai teror setan yang mengancam nyawa. Barulah Irene menyadari kalau Suster Oana tidak nyata, karena seluruh biarawati di biara Cârța sebetulnya telah tewas terbunuh. Irene pun mengucapkan sumpah sebagai biarawati dengan bantuan Burke karena dia tahu Valak hanya bisa dimusnahkan oleh Darah Kristus yang tersimpan di terowongan bawah tanah biara Cârța.

Celah katakombe berhasil ditutup saat Irene mencipratkan Darah Kristus ke wajah Valak. Namun tanpa diketahui, sebagian entitas Valak ternyata menempel di tubuh Frenchie dengan simbol salib terbalik di lehernya. 20 tahun sejak kejadian di biara Cârța dalam seminar kampus,  Carollyn Perron melihat pasangan paranormal Ed dan Lorraine Warren sedang menyajikan cuplikan saat mengusir iblis yang merasuki sosok Maurice Theriault tua alias Frenchie.

Poster Film The Nun

Konsep Horor Klasik Berdasarkan Kisah Nyata

Sebagai bagian dari THE CONJURING, THE NUN merupakan proyek spin-off yang berbeda dari film-film horor dalam semestanya. Dalam film horor produksi James Wan, biasanya berlatar belakang kehidupan modern, tapi kali ini sutradara Corin Hardy mengajak penonton ke pedalaman Rumania yang lekat dengan kisah horor klasik. Kendati dalam film kisah berpusat di biara Cârța, film ini justru syuting di kastil Corvin, Rumania.

Yang menarik, sosok Valak dalam The Nun sinopsis digambarkan persis seperti kesaksian Lorraine Warren, paranormal di dunia nyata yang memang dihantui setan bertudung. Hanya saja jika berbicara mitologi, Valak sebetulnya adalah sosok anak kecil bersayap yang menunggang kuda.

Penghasilan Tertinggi Tapi Kualitas Mengecewakan

Meskipun jajaran The Nun pemeran adalah sosok baru yang tidak mengajak aktor-aktris di semesta THE CONJURING lainnya, film berbudget USD 22 juta ini sukses meraup USD 365 juta di seluruh dunia. Raihan ini membuat kisah asal-muasal Valak jadi film dengan pendapatan terbesar dibandingkan empat film semesta Conjuring lain, termasuk THE CONJURING 2 (2016) yng merupakan film di mana sosok Valak pertama kali muncul.

Hanya saja meskipun menggembirakan secara box office, film ini justru menuai banjir kritikan. Naskah yang ditulis Gary Dauberman dianggap lemah dalam segi alur cerita. Bahkan rating kualitasnya pun paling rendah, jauh lebih buruk daripada ANNABELLE (2014). Sehingga masa depan akan The Nun 2 masih belum dipastikan oleh Warner Bros.

Namun lepas dari raihannya, THE NUN tetap mampu menghantui para penonton dan menebarkan teror mengerikan akan sosok iblis Valak.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here