FANTASTIC BEASTS: Pengobat Rindu Dunia Sihir Harry Potter Yang Sukses

0
74

BanjarbaruWeb.com – FANTASTIC BEASTS berkisah mengenai magizoologist canggung bernama Newt Scamander (Eddie Redmayne) yang bepergian ke New York. Dia bertemu dengan Mary Lou Barebone (Samantha Morton), perempuan non sihir (No-Maj/Muggle), pendiri yayasan sosial New Salem yang selalu menyuarakan mengenai bahaya kaum penyihir.

Saat itulah salah satu hewan peliharaan Newt yakni Niffler yang hobi mengumpulkan benda-benda berkilau kabur dari koper ajaibnya. Semakin rumit karena koper ajaib Newt tak sengaja tertukar dengan koper milik No-Maj pembuat roti, Jacob Kowalski (Dan Fogler). Peristiwa ceroboh ini rupanya diketahui Auror Kementrian Sihir Amerika Serikat (MACUSA), Tina Goldstein (Katherine Waterston) yang akhirnya menangkap Newt.

Tanpa diduga, Ketua Auror Percival Graves (Colin Farrell) menuding salah satu hewan sihir milik Newt bertanggung jawab atas kematian Senator Henry Shaw, Jr (Josh Cowdery). Graves juga menilai kalau Newt adalah kaki tangan penyihir hitam yang tengah diburu di seluruh dunia, Gellert Grindelwald (Johnny Depp).

Beruntung, hewan-hewan sihir berhasil membebaskan Newt, Tina dan Jacob di saat genting. Sementara itu secara diam-diam, Graves bertemu dengan anak angkat Mary Lou, Credence (Ezra Miller), seorang Squib yang ternyata memiliki Obscurus (parasit sihir mengerikan) hidup di dalam dirinya. Lepas kendali, Obscurus itupun membunuh Mary Lou dan putri sulungnya serta membuat kekacauan di seantero New York.

Graves pun berniat untuk membunuh Credence yang bersembunyi di stasiun bawah tanah dengan dalih MACUSA ingin menyelamatkan komunitas sihir. Namun Tina yakin bahwa Credence tak bersalah dan dia bersama Newt hendak membantu pemuda malang tersebut. Dengan bantuan hewan-hewan sihir, Newt berhasil menghentikan aksi gila Graves tapi Credence sudah musnah bersama kehancuran Obscurus-nya.

Fantastic Beasts 1 berakhir dengan terungkapnya jati diri Graves yang asli. Rupanya dia adalah Grindelwald yang selama ini menyamar dan ingin mendapatkan Obscurus demi menguasai dunia sihir sekaligus memberikan teror ke No-Maj. MACUSA pun meminta maaf ke Newt dan Tina. Karena tak ingin pertempuran New York meneror manusia biasa, Newt pun melepaskan Thunderbird ke angkasa untuk menumpahkan ramuan penghilang ingatan.

Poster Film Fantastic Beasts and Where to Find Them
Poster Film Fantastic Beasts and Where to Find Them

Petualangan di Luar Hogwarts Yang Lebih Memukau

Dirilis pada 2016, FANTASTIC BEASTS ber-setting tahun 1926 atau sekitar 65 tahun sebelum Harry Potter terlahir. Newt Scamander adalah penulis buku Hewan-Hewan Menakjubkan dan di Mana Mereka Ditemukan, salah satu mata pelajaran wajib di Hogwarts yang dipelajari Harry Potter. Dengan cerita yang lebih dewasa, sutradara David Yates menyuguhkan dunia sihir jauh lebih gelap dan dalam daripada delapan film Harry Potter sebelumnya.

Tidak terhalangi aturan Hogwarts atau kisah para remaja, dalam Fantastic Beasts sinopsis dijelaskan betul kalau ancaman dunia sihir terasa lebih nyata. Bahkan meski jadi cameo di akhir film, Depp mampu memberikan teror sebagai Grindelwald yang sangat licik dan jauh lebih berbahaya daripada Voldemort.

Dengan naskah yang ditulis langsung oleh J.K.Rowling, penulis tujuh novel Harry Potter, film ini membawa penonton mengetahui lebih banyak mengenai mantra sihir, hewan-hewan ajaib dan dunia sihir yang tampak seolah benar-benar ada. Tak heran kalau dari budget USD 200 juta, mampu meraih lebih dari USD 814 juta di seluruh dunia. Warner Bros pun memberikan lampu hijau untuk perilisan Fantastic Beasts 2, sekuelnya pada 16 November 2018.

Satu Novel Yang Diadaptasi ke Lima Film

Salah satu hal menakjubkan dari film ini adalah Fantastic Beasts novel cuma merupakan satu buku berkonsep guide book yang ditulis Rowling tahun 2001. Namun demi membayar kerinduan penggemar akan film seri Harry Potter yang sudah berakhir tahun 2011, Warner Bros dan Rowling sepakat memproduksi lima film dari satu novel ini. Rowling tampaknya ingin menyajikan Perang Dunia Sihir edisi pertama antara Grindelwald dan Albus Dumbledore.

Hal ini terbukti dari sekuelnya, THE CRIMES OF GRINDELWALD yang menampilkan sosok Dumbledore muda (Jude Law). Dengan cukup fanatiknya para penggemar novel dan film Harry Potter, bisa dibilang kalau FANTASTIC BEASTS adalah sebuah franchise ladang uang baru bagi Warner Bros. Dibintangi jajaran aktor-aktris berkualitas dengan efek sihir lebih dahsyat, jelas film ini akan semakin membuat para Muggle ingin mendapatkan surat dari Hogwarts.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here