DILAN 1990: Lahirnya Ikon Pasangan Cinta Milenial Lewat Pemeran Yang Tepat

0
71
Pertemuan Dilan dan Milea di Film Dilan 1990

BanjarbaruWeb.com – Tak seperti remaja pada umumnya, Dilan (Iqbaal Ramadhan) mendekati Milea (Vanesha Prescilla) dengan unik dalam DILAN 1990. Bahkan di hari pertama berkenalan, Dilan langsung meramal kalau siswi pindahan dari SMA Jakarta itu akan menjadi pacarnya dan naik motor bersama. Dilan seolah mengetahui segala hal soal Milea mulai dari alamat rumah, nomor telepon sampai memberikan hadiah buku teka-teki silang yang sudah terisi sepenuhnya.

Kepercayaan diri Dilan ini pun akhirnya mengusik Nandan (Andryos Aryanto), ketua kelas yang menaruh hati pada Milea. Namun Milea tak bisa menampik bahwa pesona Dilan mulai menarik perhatiannya, meskipun dia masih memiliki pacar di Jakarta yang bernama Benni (Brandon Salim). Hanya saja, Milea enggan melanjutkan hubungan dengan Benni karena pemuda itu kasar dan pencemburu, begitu sesuai dengan kisah dalam Dilan 1990 novel.

Kedekatan Milea dan Dilan pun terus tumbuh. Menghabiskan waktu bersama di atas motor dan berbincang hangat hingga bergandengan tangan pun selalu terjadi di pertemuan mereka. Milea bahkan berhubungan sangat baik dengan Bundahara, ibu dari Dilan (Ira Wibowo). Saking dekatnya, Bundahara sampai menunjukkan puisi-puisi cinta nan konyol yang ditulis Dilan ke Milea. Namun hubungan mereka kembali harus diuji dengan munculnya Kang Adi (Refal Hady).

Milea terpaksa berbohong pada Dilan dan pergi bersama Kang Adi yang membuat Dilan menulis puisi kekecewaannya. Milea pun mencari-cari Dilan tapi saat bertanya ke Anhar (Giulio Parengkuan), Milea justru ditampar oleh Anhar. Mengetahui Milea ditampar Anhar, Dilan pun marah besar dan memukul Anhar. Dilan pun dibawa ke ruang Kepala Sekolah. Namun akhirnya kejadian ini justru membuat Dilan dan Milea resmi berpacaran, pada bulan Desember 1990.

Setia Dengan Novel Jadi Kunci Kesuksesan

Diangkat dari karya Pidi Baiq berjudul Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990, DILAN 1990 memang sangat setia dengan novelnya. Menggaet Pidi dan Titien Wattimena di jajaran penulis skenario, Fajar Bustomi dengan sempurna memperlihatkan Bandung di tahun 1990. Mulai dari romantisme daerah Buah Batu, hingga pergaulan keras geng motor ibukota Jawa Barat itu. Fajar Bustomi sukses memvisualkan novel dengan hampir sempurna.

Cover Novel Dilan 1990 (Sumber Foto : Medium / Catatan Kaki)

Dilan 1990 Film juga memperlihatkan hampir seluruh gombalan-gombalan konyol Dilan yang memang jadi kekuatan dalam novelnya. Dialog-dialog seperti ‘Jangan rindu, berat, biar aku saja’ hingga ‘Cemburu itu hanya orang yang tidak percaya diri. Dan sekarang, aku sedang tidak percaya diri’ sukses dikenang penonton. Bahkan saat Dilan dan Milea resmi berpacaran, adegan menulis kontrak pacaran di warung Bi Eem (Tike Priatnakusumah) serupa dengan novel.

Buntut dari kesuksesan film ini, muncul begitu banyak parodi video Dilan 1990 dalam berbagai hal. Bahkan kota Bandung yang menjadi lokasi utama cerita dan syuting filmnya pun sampai membangun taman Dilan.

Bukan hanya jadi ikon budaya, fenomena Dilan-Milea inipun sukses dibicarakan segala lapis usia dan jadi viral di media sosial. Hal ini juga membuat link Dilan 1990 streaming begitu banyak diburu pengguna internet.

Iqbaal – Vanesha, Ikon Baru Pasangan Cinta Serasi

Dirilis pada 25 Januari 2018, film berbudget Rp 11 miliar inipun sukses meraup Rp 250 miliar pendapatan kotor dan sukses ditonton lebih dari 6,3 juta penonton. Cukup mencengangkan karena ketika jajaran Dilan 1990 cast diperkenalkan, banyak muncul kontra dari pembaca novelnya, terutama pemilihan Iqbaal sebagai Dilan. Namun senyum jahil dan menggemaskan Iqbaal sebagai Dilan dengan mudah mencuri hati para pembaca novel dan penonton filmnya.

Dilan dan Milea yang diperankan Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Priscilla

Tak hanya Iqbaal, Vanesha pun dianggap sangat cocok menghidupkan Milea. Aktris-aktor muda yang bergabung dalam jajaran Dilan 1990 pemeran juga dipandang sangat sesuai. Tak butuh waktu lama, Iqbaal dan Vanesha pun merasakan popularitas seperti yang sudah pernah diecap Nicholas Saputra – Dian Sastrowardoyo sebagai Rangga dan Cinta, ikon pasangan cinta tahun 2000-an.

Kesuksesan inilah yang akhirnya membuat Falcon Pictures kembali memasangkan Iqbaal dan Vanesha dalam sekuelnya, DILAN 1991 yang rilis pada 28 Februari 2019. Lepas dari apakah DILAN 1991 mampu meraih pencapaian film pertamanya, DILAN 1990 membuktikan kalau film cinta remaja SMA juga bisa membuat semua umur mabuk asmara dan mengenang masa lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here