Mengulik Fakta dan Resep Cara Membuat Martabak Mini Manis yang Mantap

0
60
resep cara membuat martabak mini manis

BanjarbaruWeb.com – Martabak  pasti tidak asing bagi Anda, bukan? Makanan ini memang sangat populer dan terus nge-hits sampai sekarang. Dari anak kecil sampai kakek-kakek semua menyukainya. Apalagi sekarang, martabak mulai banyak dimodifikasi dengan berbagai aneka topping yang unik dan lezat. Ada juga modifikasi ukuran martabak yang biasanya besar menjadi mini. Itulah yang akan dikulik di artikel ini, yaitu resep cara membuat martabak mini manis yang mantap.

Ada sedikit fakta menarik mengenai martabak yang mungkin belum Anda ketahui. Tepatnya mengenai asal-usul martabak manis. Tampaknya Anda sering mendengar martabak Bangka, kan? Benar sekali, martabak berasal dari bangka. Jadi, zaman dahulu orang-orang Hakka atau suku Hoklo yang tinggal di Bangka Belitung yang menciptakan Hok Lo Pan. Hok Lo Pan ini jika diartikan secara harfiah memiliki arti kue orang Hok Lo yang maknanya martabak. Sekarang kita mulai mengulas resep dan cara membuat martabak mini.

Bahan Adonan Martabak Mini

  1. 250 gram tepung terigu protein sedang
  2. 50 gram susu bubuk penuh krim
  3. 80 gram gula pasir
  4. 25 gram mentega cair
  5. 25 gram mentega padat
  6. 1 butir telur ayam
  7. 1/8 sendok teh ragi instant
  8. 1/8 sendok teh baking powder
  9. 1/8 sendok vanili

Bahan Topping Martabak Mini

  1. 25 gram mentega
  2. ¼ sendok teh gula pasir
  3. Susu kental manis secukupnya
  4. Meises
  5. Keju parut
  6. Kacang yang dihaluskan kasar
  7. Berbagai jenis selai

Cara Membuat Martabak Mini

  1. Siapkan air seperdelapan gelas lalu masukan ragi instan, aduk hingga tercampur, kemudian tutup dengan kain agar ragi mengembang. Sisihkan.
  2. Siapkan wadah. Campurkan tepung terigu, baking powder, susu bubuk penuh krim, dan vanili, lalu aduk hingga rata. Baru masukkan ragi yang sudah jadi ke dalam adonan. Aduk lagi hingga rata.
  3. Campurkan telur dan gula pasir dalam adonan. Kocok dengan cepat hingga mengembang. Sambil tetap diaduk, masukan mentega cair.
  4. Dalam keadaan tetap mengaduk, masukan tepung terigu sedikit demi sedikit diselingi dengan air hangat. Lakukan step ini hingga terigu tercampur baik dengan adonan. Pastikan adonan pas tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.
  5. Diamkan adonan minimal 4 jam hingga semalam, dengan menutup rapat adonan tadi dengan plastik. Mendiamkan adonan berguna agar ragi instan bekerja memfermentasi adonan martabak. Semakin lama adonan ditutup, adonan akan mengembang semakin sempurna.
  6. Lihat tanda adonan siap dituangkan ke cetakan. Tanda tersebut dapat diketahui dari gelembung-gelembung yang terlihat pada adonan. Tanda lainnya adonan tampak lebih besar atau mengembang.
  7. Panaskan loyang martabak mini dan olesi dengan mentega dengan kuas ke bagian dalam cetakan. Pastikan loyang panas.
  8. Tuangkan setengah bagian loyang dengan adonan, lalu tekan dan putar adonan hingga membentuk bagian samping martabak yang krispi.
  9. Diamkan beberapa saat hingga adonan bergelembung-gelembung kemudian kecilkan api sampai level paling kecil, dan tutup rapat loyang.
  10. Taburi gula pasir ketika adonan setengah matang, tandanya ada banyak lubang-lubang pada adonan.
  11. Tutup kembali adonan dan sesekali chek bagian bawah martabak. Jika bagian bawah sudah kecokelatan berarti martabak sudah matang. Segera angkat martabak agar tidak gosong.
  12. Sajikan

Dalam penyajian martabak mini ini, Anda dapat memberikan topping sesuai selera. Dari mulai keju, maises, kacang, sampai beraneka jenis selai. Anda juga dapat mengkombinasikan berbagai toping tersebut.

Nah, itulah resep cara membuat martabak mini yang paling mantap. Sepertinya layak dicoba. Bahkan jika martabak buatan Anda disukai orang-orang di sekitar Anda, bisa lo dijadikan ide usaha. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here