Resep Telur Gulung, Jajanan Nostalgia yang Gurih dan Lezat

0
11
resep telur gulung
dapurkobe.co.id

Telur Gulung yang gurih dan lezat sudah populer sebagai kudapan khas anak sekolah sejak tahun 90-an. Meski demikian, sekarang telur gulung masih dapat Anda temukan di beberapa lokasi kuliner kaki lima. Bahkan mulai merambah ke kafe dan outlet-outlet di mall dengan kreasi yang lebih menggoda. Kini mulai tersedia telur gulung sosis, telur gulung mie, dengan tambahan topping keju dan aneka saus berbagai rasa.

Telur memang bahan makanan yang memiliki citarasa gurih walau diolah dengan cara apapun, terutama digoreng. Telur mengandung protein hewani dan vitamin serta mineral yang sangat penting bagi pertumbuhan jaringan tubuh. Bahan makanan ini juga dapat disimpan dalam waktu lama dan bisa diolah menjadi bermacam-macam kreasi masakan, mulai dari campuran mie instant hingga cemilan enak.

resep telur gulung
dapurkobe.co.id

Tetapi jika Anda ragu akan kebersihan jajanan di pinggir jalan atau karena harga telur gulung di mall yang cukup lumayan, buatlah telur gulung yang gurih dan lezat sendiri di rumah. Resep telur gulung original ini bisa membantu Anda membuat telur gulung sendiri dan makan sepuasnya. Tentu saja dengan rasa yang gurih dan renyah dari tepung maizena dan ukuran yang bisa Anda sesuaikan sendiri.

Kreasi telur ini juga dapat Anda gunakan untuk menyiasati anak-anak yang kurang suka pada olahan telur yang lain. Dengan tampilan menarik, mereka pasti menyukainya. Bila tidak merepotkan, ajak juga anak-anak mengolah jajanan ini di dapur.

Bahan-Bahan Telur Gulung yang Gurih dan Lezat:

• 2 butir telur ayam ukuran sedang
• 50 ml air
• 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan air
• Garam dan merica secukupnya
• Kaldu bubuk atau penyedap rasa (bila perlu)
• Minyak goreng untuk menggoreng telur

Cara Membuat Telur Gulung yang Gurih dan Lezat:

• Kocok telur hingga tercampur rata
• Masukkan garam, merica, dan kaldu bubuk atau penyedap rasa (bila perlu) secukupnya.
• Tambahkan tepung maizena cair sedikit demi sedikit sampai tercampur rata.
• Tambahkan air sambil diaduk rata sampai adonan benar-benar cair.
• Panaskan minyak goreng dengan api sedang.
• Masukkan tusuk sate, kemudian tuangkan beberapa sendok adonan ke dalam minyak. Tarik ke pinggir dan segera gulung dengan tusuk sate, kemudian tiriskan.
• Ulangi langkah-langkah di atas hingga adonan habis

Penyajian Telur Gulung yang Gurih dan Lezat:

Tata telur gulung yang gurih dan lezat di atas piring, tambahkan saus tomat, saus sambal dan mayonaise sebagai pelengkap. Nikmati selagi masih panas sambil menonton tayangan televisi kesukaan Anda. Dapat juga dinikmati sebagai menu sarapan yang praktis sebelum Anda beraktivitas. Bisa juga dibungkus untuk bekal anak ke sekolah, agar mereka tidak jajan sembarangan.

Tips:

Karena jajanan ini digoreng dengan teknik deep frying, minyak untuk menggoreng harus banyak. Pastikan minyak tidak terlalu panas, supaya telur tidak cepat matang, dan bisa menempel pada tusuk sate. Mungkin pada percobaan pertama gulungan telur tidak rapi sempurna, tetapi jangan menyerah untuk mencobanya. Jika minyak tinggal sedikit atau mulai memercik, segera tambahkan minyak sampai telur gulung yang digoreng bisa tergoreng sempurna.

Nah, ternyata membuat telur gulung yang gurih dan lezat yang membangkitkan nostalgia ini tidak sesusah yang Anda lihat dari pedagang telur gulung saat masih kecil dulu. Tapi jangan bandingkan harganya dengan dulu ya, sebab sekarang harga telur ayam pun sudah jauh lebih mahal. Selamat memasak sambil bernostalgia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here